SEMINAR KESIAPSIAGAAN di Maluku Tengah

SEMINAR KESIAPSIAGAAN dalam Pertemuan gabungan Distrik Masohi, Maluku Tengah, Daerah Misi Maluku, Sabtu 13 Mei 2017 di GMAHK MIZPA.

Seminar Kesiapsiagaan Bencana diadakan setelah acara Ibadah Gabungan Distrik Masohi Maluku Tengah, dan Ramah Yamah oleh Hamba2 Tuhan se distrik Masohi.

Tepat pukul 13.00 wita acara dimulai dengan lagu pujian dan doa buka oleh dir. PA Daerah Misi Maluku Pdt. Hosea Ramba dilanjutkan dengan perkenalan pembawa seminar sdr. Julian Tauran dari Jakarta. Seminar KESIAPSIAGAAN BENCANA ini dihadiri oleh anggota jemaat di distrik Masohi, para Pathfinder distrik Masohi, dan tua tua jemaat yang hadir kurang lebih 80 hadirin.

Materi yang dibagikan dalam seminar tersebut adalah Pengenalan Mengenai ADRA dan Team Relawan Advent, Pengertian Mengenai Bencana, Jenis Jenis Bencana, Resiko Bencana dan Bagaimana Meminimalkan Bencana, Apa yang harus dilakukan jika terjadi Bencana, Peranan Gereja dalam KESIAPSIAGAAN BENCANA Sebelum, pada saat dan sesudah Bencana termasuk didalamnaya adalah pembelajaran tentang rencana evakuasi gereja dan Keluarga, Jalur evakuasi dan Tas Siaga.

Di bagian Akhir Seminar diberikan pengenalan tentang peranan ADRA Dalam Kebencanaan yang terjadi di Indonesia seperti Tsunami Aceh, Gempa Bumi Padang, Yogya, dan Meletusnya Gunung Merapi berikut dengan Hotline yang dapat dihubungi, serta pengenalan tanda Kepahaman ADRA Community dan Disaster Response.

Yang lebih seru adalah sesi tanya Jawab/diskusi mengenai Bencana, Karena ternyata di Daerah dimana Jemaat Mizpa Berada ada Daerah Rawan Bencana Banjir. Pertanyaan pertanyaan seputar penanggulangan Bencana dan peran serta yang Gereja dapat berikan jika terjadi Bencana Banjir. pertanyaan pertanyaan juga menyangkut peran serta ADRA, Daerah maupun Uni jika terjadi bencana di Daerah mereka.

Tidak terasa waktu 2 jam yang diberikan begitu cepat dan para hadirin masih penasaran akan Kebencanaan, bahkan pada saat seminar berlanjut ke seminar Pathfinder atau kelas kelas kemajuan, arah pertanyaan mengarah kepada kebencanaan, spt apa yang dapat dilakukan pathfinder dan pembina dan lain sebagainya. seminar diakhiri pukul 5 diakhiri dgm doa oleh Pdt. J. Rupillu karena ada seminar kesehatan lanjutan sampai dengan penutupan sabat.

Bahkan pada saat Pulang pada pagi Hari minggu, ketua jemaat Agape Masohi, Bapa Etus mengundang sdr. Juliant Tauran untuk memberikan seminar yang sama di Jemaat Agape-Masohi.

bagikan artikel ini...Share on Facebook10Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0