PEMUDA ADVENT SALATIGA SIAGA BENCANA

GMAHK Salatiga memberikan kesempatan kepada kami untuk memberikan sosialisasi tanggap bencana pada acara Pemuda Advent dan Pathfinder. Pada hari Sabat tanggal 20 Mei 2017 yang lalu ,kami berdua dapat membawakan materi tanggap bencana yang kami dapat dari Pelatihan “DASAR MANAGEMEN BENCANA” hasil dari kerjasama ADRA, BNPB dan GMAHK . Sosialisasi ini adalah bagian dari RTL ( Rencana Tindak Lanjut ) kami setelah mengikuti pelatihan.

Sosialisasi ini kami beri topik “PEMUDA ADVENT SALATIGA SIAGA BENCANA”, dengan total audience yang tidak banyak yaitu sekitar 40-50 orang. Pemuda sekitar 70 %, anak-anak 10 % dan orangtua 20 %. Pemuda yang hadir sebagian dari mereka mahasiswa advent yang berkuliah di UKSW (Universitas Kriten Satya Wacana)Salatiga, jurusan FAKULTAS PSIKOLOGI. Tujuan sosialisasi ini adalah : mempersiapkan anggota pemuda advent salatiga untuk siaga bencana baik secara pribadi/individu dan secara jemaat. Diluar dugaan kami, mereka sangat antusias dengan materi yang diberikan ,kami dapat melihat dengan adanya banyak pertanyaan dan sharing dari beberapa pemuda yang pernah mengalami sendiri bencana Gempa Bumi di Yogyakarta, bencana Gunung Merapi tahun 2010 dan bencana Banjir Bandang di Manado.

Secara garis besar pertanyaan dari pemuda advent salatiga adalah bagaimana atau apa yang bisa kami lakukan apabila terjadi bencana di daerah yang tidak jauh dari tempat tinggal kami?. Dan inti dari jawaban yang bisa kami berikan adalah bahwa untuk menjadi Relawan harus memiliki sertifikat dan bantuan yang diberikan kepada korban bencana semua harus di bawah komando pemerintahan setempat. Tanggapan audience sangat positif dan harapan mereka adalah diberikan tambahan materi lagi mengenai evakuasi dan beberapa dari audience berminat untuk menjadi Relawan. Demikian pengalaman kami, semoga dapat menjadi tambahan inspirasi bagi kawan Relawan ADRA semua

bagikan artikel ini...Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0