Saya bisa menggambar Tas Siaga Bencana!

Pentingnya Kesadaran akan kesiapsiagaan bencana perlu ditanamkan sejak dini bagi seorang anak. Melihat keadaan sekitar dimana terdapat risiko bencana yang bisa mengancam kehidupan masyarakat kapan saja. Kurang lebih selama 10 hari diadakan persiapan untuk diadakannya sosialisasi Dasar manajemen penanggulangan Bencana yang disesuaikan dengan pemahaman materi yang mudah dipahami oleh anak-anak.

Saat sebelum memula pelajaran, setiap harinya anak-anak diarahkan mengenai pengetahuan tentang bencana untuk menarik minat mereka terhadap kegiatan sosialisasi yang tepatnya diadakan hari Jumat, 19 Mei 2017 diruang kelas 2. Didapati bahwa mereka memiliki pemahaman tentang bencana karean sering melihat berita di televisi. Akhirnya tibalah hari dimana anak-anak akan mengikuti sosialisasi penanggulangan bencana.

Adapun tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk: 1. Membangun anak siaga bencana di rumah dan 2. Membangun siswa siaga di sekolah. Fokusnya adalah membangun kesiapsiagaan akan bencana yang mungkin mengancam di lingkungan mereka berada.

Diluar dugaan, Sosialisasi yang awalnya kami pikir akan menjadi hal yang membosankan buat mereka, malah sebaliknya mereka sangat antusias, ceria, bersemangat dan aktif di dalam diskusi bahkan berebutan mau membacakan isi presentasi/slide, serta menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan.

 

bagikan artikel ini...Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0